Kamis, 07 Mei 2015

Tata Surya

UNIT 1
TATA SURYA
 





Setelah mencermati materi ini diharapkan kalian dapat:
1.        Menjelaskan tentang teori terbentuknya tata surya
2.        Mengetahui macam-macam benda langit
3.        Menyajikan hasil diskusi tentang planet dalam tata surya
               
Tujuan Pembelajaran





Prawacana
Kegiatan 1
 


Amati gambar dibawah ini !

gambar 1.1 Tata Surya (sumber : google image)
Sebelum mempelajari lebih jauh, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu tata surya. Anda pasti pernah mempelajari tentang tata surya sejak Anda sekolah dasar, yang Anda ketahui dulu adalah tata surya memiliki 9 planet.

Kini tata surya hanya memiliki 8 planet. Pluto, dikeluarkan dari daftar planet anggota tata surya kita. Tapi bukan berarti Pluto menghilang, namun kini statusnya adalah planet katai. Jadi, tata surya memiliki 8 planet dengan matahari sebagai pusatnya.
Tahukah kalian bahwa ada hal yang belum banyak diketahui tentang tata surya, diantaranya adalah berikut ini :

  1. Planet tanpa satelit alami: Di tata surya, setidaknya ada 2 planet yang tidak memiliki satelit alami. Tidak paham dengan istilah satelit alami? Satelit alami Bumi adalah Bulan. Kedua planet tersebut adalah Merkurius dan Venus. Penyebab mereka tidak memiliki satelit alami adalah, merkurius tidak memiliki satelit karena jaraknya yang sangat dekat ke matahari sehingga gaya gravitasi matahari akan jauh lebih besar daripada gaya gravitasi merkurius. sehingga kalau saja ada sebuah benda yang mengorbit merkurius, benda tersebut pada akhirnya akan tertarik ke arah matahari. Lalu tentang venus. menurut salah satu teori, dahulu venus memiliki satelit dengan cara yang sama seperti bumi memiliki bulan, yaitu karena adanya benda asing yang menabrak venus lalu serpihannya membentuk satelit. Lalu ada lagi tumbukan kedua. Nah, akibat tumbukan itu arah rotasi venus jadi terbalik dan lambat, dan akibat arah rotasi yang terbalik itu satelitnya jadi bergerak spiral mendekati venus hingga akhirnya hilang tanpa terjadinya tabrakan lagi.
  2. Planet 70% diliputi air: Siapa tidak kenal dengan planet yang satu ini, Planet Bumi. Bumi adalah  satu-satunya planet yang permukaannya adalah (70%) air, sisanya daratan. Bumi juga merupakan planet yang paling cocok bagi manusia. Jarak Bumi dari Matahari adalah 1 SA (Satuan Astronomi) atau sama dengan 150 juta kilometer. Dari jarak tersebut, Bumi menjadi tempat paling ideal untuk kehidupan.
  3. Bagaimana Saturnus bisa memiliki cincin? Terdapat dua teori mengenai asal cincin Saturnus. Teori pertama diusulkan oleh Édouard Roche pada abad ke-19, adalah cincin tersebut merupakan bekas satelit Saturnus yang orbitnya datang cukup dekat dengan Saturnus sehingga pecah akibat kekuatan pasang surut. Variasi teori ini adalah satelit tersebut pecah akibat hantaman dari komet atau asteroid. Teori kedua adalah cincin tersebut bukanlah dari satelit Saturnus, tetapi ditinggalkan dari nebula asal yang membentuk Saturnus. Teori ini tidak diterima masa kini disebabkan cincin Saturnus dianggap tidak stabil melewati periode selama jutaan tahun dan dengan itu dianggap baru terbentuk.
  4. Planet Jupiter adalah Bintang yang gagal? Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya, seperti pada foto di atas, Jupiter ratusan kali lebih masif ketimbang Bumi kita. Obyek yang disebut bintang katai coklat atau bintang yang gagal pernah dirujukan ke Jupiter. Bintang katai coklat ini terlalu kecil dan tidak mampu membakar hidrogen di dalam dirinya sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai bintang. Tapi cara pembentukannya sama dengan terbentuknya bintang sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai planet.

Dari massanya, bintang katai coklat jauh lebih kecil dari sebuah bintang tapi jauh lebih besar dari planet Jupiter dan sering dianggap sebagai obyek pertengahan antara planet dan bintang. Dan kalau sebuah obyek dapat disebut bintang itu massa minimummnya setidaknya 80 kali massa Jupiter untuk bisa membangkitkan pembakaran di inti, maka sebuah katai coklat itu massa minimumnya 13 kali massa Jupiter.
Jawabannya, Jupiter bukan katai coklat  karena pembentukannya berbeda. Katai coklat  kelahirannya sama seperti bintang dari keruntuhan awan gas dan debu antar bintang. Jupiter tidak demikian. Selain itu massa Jupiter berada di bawah massa minimum untuk sebuah obyek digolongkan sebagai katai coklat.
Lalu bagaimana dengan planet lainya? Apa yang kalian ketahui tentang planet-planet tersebut? Kalian dapat mengamati gambar-gambar planet dalam tata surya dibawah ini (gambar 1.2)


Mengamati
Kegiatan 2
 




Amatilah gambar planet-planet dibawah ini



Gambar 1.2 planet planet dalam tata surya (sumber : google image)
Keterangan gambar
:


1.2.1 Planet Merkurius
1.2.2 Planet Venus
1.2.3 Planet Bumi
1.2.4 Planet Mars
1.2.5 Planet Jupiter
1.2.6 Planet Saturnus
1.2.7 Planet Uranus
1.2.8 Planet Neptunus




Menanya
Kegiatan 3
 






Setelah kalian mengamati gambar-gambar diatas lakukanlah aktivitas berikut :
·           Bentuklah 8 kelompok dengan anggota 4-5 orang
·           Setiap kelompok mengamati 1 planet sesuai urutanya
·           Buatlah pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang belum kalian ketahui dari gambar diatas




Lembar Kerja
1.....................................................................................................
2.....................................................................................................
3.....................................................................................................
4.....................................................................................................
5.....................................................................................................
6.....................................................................................................

Kegiatan 4
Mengumpulkan data dan informasi
 
Carilah informasi tentang masing-masing planet diatas sesuai dengan kelompok kalian lalu isi tabel berikut ini:

Tabel 1.1 karakteristik planet
No
Planet
Ukuran
Jarak dari matahari
Jumlah satelit
Waktu berevolusi





















Setelah itu carilah informasi tentang teori terbentuknya tata surya menurut para ahli dan isi tabel dibawah ini :
Tabel 1.2 Teori-teori penciptaan tata surya
No
Pencetus (tahun)
Teori yang dihasilkan














Mengasosiasi
Kegiatan 5
 


Diskusikan informasi dan data yang telah kalian peroleh dengan masing-masing anggota kelompok, lalu buat laporan untuk bahan diskusi dikelas dengan susunan sebagai berikut :
1.      Karakteristik planet yang kalian amati
2.      Teori penciptaan tata surya
a.       Teori...............
Kelebihan......
Kelemahan....
b.      Teori..............
Kelebihan.....
Kelemahan...
c.       Teori.............
Kelebihan....
Kelemahan...


Mengkomunikasikan
Kegiatan 6


  • Hasil diskusi yang telah kalian susun pada kegiatan 5, sajikan di depan kelas, atau tampilkan pada papan pajangan di kelasmu!
  • Mintalah tanggapan dari temanmu atas tampilan hasil pekerjaanmu!
  • Mintalah tanggapan dari gurumu atas materi yang kalian presentasikan!
  • Perbaiki laporanmu jika ada saran dari teman atau gurumu  jika saran tersebut lebih tepat!



Kegiatan 7 


Buatlah kesimpulan atas materi pembelajaran yang sudah kalian pelajari ! minimal dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bagaimana proses terbentuknya tata surya?
Fenomena apa saja yang terdapat pada planet dalam tata surya?

Kegiatan 8

Kalian sudah selesai mempelajari tentang tata surya. Apakah kalian sudah memahami materi tersebut?  
Berilah tanda ceklis dalam kolom 4,3,2 atau 1 pada tabel dibawah ini  sesuai dengan  pendapatmu!
Keterangan : 4 =jika sangat sesuai; 3= jika sesuai; 2= jika tidak sesuai; 1=jika sangat tidak sesuai

Tabel 1.3 Tentang Pemahaman Materi
No
Pernyataan
4
3
2
1
1.
Saya memahami materi pelajaran yang sudah  saya pelajari




2.
Materi pembelajaran yang dipelajari bermanfaat buat saya




3.
Seluruh kegiatan belajar , saya lakukan dengan senang hati





                       
Kegiatan 9
 
Uji kompetensi
Jawablah soal-soal berikut !
1.      Jelaskan proses pembentukan tata surya berdasarkan teori kabut/nebula?
2.      Apa yang kalian ketahui tentang  planet bumi?


Pengayaan :
Agar lebih memahami materi tata surya kalian dapat mendalami membaca buku teks yang telah disediakan oleh sekolah, membaca sumber sumber lain atau melakukan penelusuran di internet (jika tersedia jaringan internet). Hasil pengamatan dapat kalian catat dan tuliskan pada selembar kertas sebagai salah satu tugas, dan kumpulkan kepada guru!

Kunci jawaban :
1.   Teori Kabut disebut juga Teori Nebula. Teori tersebut dikemukakan oleh Immanuel Kant (1755) dan Simon de Laplace (1796).
Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Nebula itu berotasi dengan kecepatan sangat lambat sehingga mulai menyusut. Akibatnya terbentuklah sebuah cakram datar bagian tengahnya.penyusutan berlanjut dan terbentuklah matahari di pusat cakram. Cakram berotasi lebih cepat sehingga bagian tepi-tepi cakram terlepas membentuk gelang-gelang bahan. Kemudian bahan dalam gelang-gelang memadat menjadi planet-planet yang berevolusi mengitari Matahari.

2.   Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama. Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

0 komentar: